fbpx

Hubungi Sales (021) 2987 1799

Performance Appraisal

Pantau karyawan anda dengan penilaian secara menyeluruh

Lakukan penilaian karyawan dengan sistem evaluasi untuk memberikan hasil yang baik bagi perusahaan.

blank

Seperti apa Metode Appraisal?

Admin HRD atau manajer dapat membuat pertanyaan kuesioner yang kemudian kuesioner tersebut disebar dan diisi jawabannya oleh semua karyawan. Pertanyaan kuesioner bisi berupa bagaimana cara si “A” bersikap di kantor, dengan pilihan jawaban ganda. Responden bisa rekan kerja satu tim atau satu divisi, dari jawaban yang ada akan terlihat bagaimana hubungan si “A” dengan yang lain dan sebaliknya.

Penilaian secara menyeluruh memberi manfaat penting bagi perkembangan perusahaan

blank

Memberikan feedback

Dari hasil penilaian baik itu team, self, 360 atau manager review akan mendapatkan feedback atau respon berupa data

blank

Evaluasi untuk pembenahan

Data yang dari responden dapat dijadikan sebuah bahan evaluasi, baik itu untuk team, perusahaan atau karyawan itu sendiri.

blank

Employee relationship

HRD dapat melihat hubungan antar pekerja. Dan segera bisa mengambil tindakan apabila jika diperlukan.

Tipe Appraisal

blank

Team Review

Review tim adalah tipe appraisal untuk melakukan penilaian dalam tim atau divisi, dengan seluruh anggota tim sebagai evaluator. Disini masing-masing anggota dapat melakukan penilaian kepada rekan timnya, dan sebaliknya.

blank

Self Review

Self review adalah tipe appraisal untuk melakukan penilaian terhadap diri sendiri. Pada tipe ini masing-masing karyawan akan menjawab pertanyaan dari admin tentang dirinya sendiri.

blank

Manager Review

Manajer review adalah jenis appraisal untuk menilai bawahan atau atasan, atau atasan menilai bawahannya. Pada tipe ini bawahan dapat menilai manajer mereka secara bersama, dan manajer dapat melakukan penilaian terhadap bawahannya.

blank

360 Review

Sama seperti team review, 360 review juga tipe appraisal yang melibatkan semua karyawan, hanya saja jangkauannya lebih luas bisa satu departemen atau perusahaan sekaligus. Dari level manajer sampai staff dapat memberikan penilaian mereka masing-masing terhadap orang lain.

Karakteristik Appraisal

Penilaian Subjektif

Penilaian yang diberikan dengan menggunakan appraisal sangat relatif, yang berarti tergantung pada selera, pendekatan, hubungan dan lainnya. Namun dari penilaian subjektif hasil yang didapat juga lebih apa adanya.

Penilaian kepada individu dan kepribadian

Appraisal adalah sebuah metode penilaian tentang kepribadian, cara bersikap, komunikasi, dan sifat seorang karyawan ketika mereka sedang bekerja, atau saat mereka di kantor.

Metode kuesioner atau wawancara

Untuk mendapatkan hasil yang real HRD dapat membuat pertanyaan survei yang nantinya daftar pertanyaan tersebut bisa ditanggapi dan dijawab oleh seluruh karyawan.

Penilaian menyeluruh dan umum

Hasil penilaian appraisal juga tidak spesifik dan mendalam, karena semua hanya berdasarkan asumsi, selera, dan relatifitas dari sudut pandang orang lain. dan tidak menggambarkan kinerjanya secara signifikan.

Mulailah beri penilaian karyawan anda secara menyeluruh hari ini juga